Area Lobby
2.1.1. Lobby
Suatu
ruang utama untuk kedatangan dan receptionist, lobby seharusnya bisa menjadi
jantung atau pusat dari hotel. Harus mengundang, menarik dan nyaman serta mudah
diakses ke area public dan juga area tamu.
·
Tamu diterima di front desk dan diarahkan langsung menuju
lift tamu yang harus terlihat dari front desk
·
Tamu dan masyarakat umum harus dapat mengakses area food and
beverage dari lobby
·
Tempat menunggu untuk tamu dan pengunjung harus memiliki
area sirkulasi yang baik. Makanan dan cemilan harus disediakan dari area
F&B terdekat
·
Area tunggu harus dibagi-bagi menjadi beberapa area dan
dibuat menjai lebih kecil dan intim untuk area berbincang yang lebih private
·
Display untuk kue dan juga makanan pencuci mulut juga harus
ada dan display yang ada juga harus menunjukkan gaya dan atmosphere dari lobby
tersebut
·
Area panggung untuk pertunjukan music juga harus tersedia
2.1.2. Area Receptionist dan Front Desk
Area
Receptionist dan Front Desk harus mencadi tempat yang nyaman dan juga efisien
untuk tamu,menyediakan fasilitas dan mendukung check in/check out. Walaupun
bukan focal point dari lobby, meja receptionist harus dapat terlihat ketika
memasuki lobby.
·
Meja receptionist merupakan kombinasi dari check in/check
out, dan juga information service. Dapat dilihat dengan baik dari pintu masuk
utama dan juga lift tamupada area lobby.
·
Untuk jumlah tamu yang datang dalam jumlah besar dan
berkelompok, harus dipisahkan dan dibuatkan area check in khusus untuk
berkelompok dan masuk yang terpisah agar tidak menghalangin dan mengganggu
pintu masuk utama.
·
Untuk keadaan dimana tamu merupakan tamu executive harus
disediakan lobby dengan receptionist dan juga meja check in yang terletak di
lantai khusus juga.
·
Akses langsung dari front office menuju lobby sangat
diperlukan
2.1.3. Meja Informasi dan Service
Untuk
tamu mendapatkan informasi dan juga service
·
Conter atau meja harus mudah dikenali dan dilihat oleh tamu,
dan merupakan hal kedua yang terpenting dari lobby
·
Design yang terkordinasi dengan lobby dan juga front desk
2.1.4. Area penyimpanan dan penitipan barang
Lemari
penyimpanan barang tamu haruslah tersedia di semua fasilitas dan property yang
adadengan standar min imum 1 buah lemari penyimpanan untuk 10 kamar tamu, dalam
ukuran yang beragam. Ukuran dan juga pengaturan dan penataan lemari penyimpanan
haruslah mendapatkan perstujuan ijin dari Kempinsk”s Coorporate Office.
·
Ruang almari penyimpanan barang haruslah di desain sama
elegannya dengan standar yang berlaku pada area public. Terletah di area yang
mudah diakses langsun g dari front desk
·
Pintu masuk tamu melalui pintu masuk yang dikontrol melalui
media elektronik menuju front desk
·
Area pengamatan yang private dimana tamu dapat mengakses
almari penyimpanan barang
2.1.5. Hospitality Desk/ Asisten Manager
Untuk
informasi tamu dan pelayanan, VIP Check in, dll
·
Counter atau meja haruslah mudah untuk dikenali dan pada
lokasi yang strategis, namun hal yang terpenting kedua di lobby
·
Desain yang terkordinasi dengan desain lobby dan juga front
desk dan teratur
2.1.6. Bell Captain’s Station
Sebuah
stand meja kecil, yang terletak bebas, yang berfungsi untuk menangani barang
yang dibawa tamu dan valet parking ketika kedatangan dan keberangkatan
·
Terletak di pintu masuk utama, didsalam maupun diluar
(tergantung pada penataan bangunan)
·
Mudah dilihat oleh tamu ketika memerlukan bantuan dari staff
untuk menangani segala kegiatan saat kedatangan dan juga keberangkatan
2.1.7. Tempat Penyimpanan Koper
Ruang
yang maman untuk penyimpanan koper sementara. Harus mampu untuk meletakkan
koper dalam ukuran besar, memindahkan koper tidak boleh mengganggu kedatamngan
dan keberangkatan tamu. Pemisahan antara jalur tamu dengan ruang penyimpanan
harus tersedia dekat dengan pintu masuk utama
·
Dapat diakses langsung dari tempat meletakkan barang dan
meja penyambutan, dan lift service. Harus ada lift khusus untuk koper.
·
Disediakan ruang untuk red carpet, trolly untuk koper, dll
·
Tersedia space sedalam 50cm sepanjang dinding dan tempat
menggantungkan barang
·
Untuk sarana yang ada didekat dengan lapangan golf, ruang
ekstra untuk tas golf, sepatu dan juga pembersih untuk club golf harus tersedia
·
Tersedianya mesin pem,eriksa x-ray untuk alas an keamanan,
berdasarkan atas kondisi dan keperluan yang ada
2.1.8. Area Retail
Sebuah
area untuk menjual oleh-oleh dan juga took ikenang-kenangan (merchandise hotel)
·
Biasanya lebih dari satu area took. Biasanya dibagi
berdasarkan jenis dan ukuran barang yang dijual
·
Took tersebut harus memiliki desain yang sama indah dan
elegannya dengan desain area public yang lainnya
·
Took ini bias dikontrakkan atau juga disewakan. Tempat atau
tokon yang ada harus menyediakan tempat fitting dan juga harus mencerminkan dan
terpengaruh oleh atmosphere dari property tersebut.
2.1.9. Coat Room
Sebuah area
untuk barang tamu dan juga barang pribadi lainnya
·
Dapat dikunci dengan counter servis
·
Terdapat gantungan dengan pengait
·
Paying, tas, topi, sepatu, dll. Merupakan fasilitas
penyimpanan
2.1.10. Toilet Umum
Toilet
umum haruslah dapat diakses dengan mudah dari lobby, food and beverage, banquet
dan meeting room, yang berdasarkan atas regulasi dan ketentuan yang telah ditentukan, termasuk fasilitas
untuk tami difable dan juga fasilitas ganti untuk bayi.
Hal-hal
mendasar haruslah diperhatikan pada pengerjaan akhir dan tampilan secara
keseluruhan pada fasilitas ini untuk menunjukkan standard yang mewah sebagai
area public.
·
Menempatkan toilet umum pada fasilitas food and beverage dan
pada lobby, beberapa lantai mungkin juga membutuhkan dua buah ruang toilet yang
terpisah jika jarak antara kedua area tersebut cukup jauh atau jika keduanya
terletak di lantai yang berbeda
·
Fasilitas yang terpisah dibutuhkan untuk melayani area jenis
ini
·
Pintu masuk untuk laki-laki, perempuan, difable dan juga
bayi haruslah dibuat terpisahy
·
Untuk property resort haruslah menyediakan tempat cuci
tangan untuk anak, toilet dan urinoir
·
Terdapat ruang tunggu yang memiliki lebar pintu masuk
sebesar 1m tanpa pintu
·
Ruang untuk make up/ sebuah ruangan yang langsung setelah
pintu masuk yang berisi meja yang berisi tempat make up, tempat cuci tangan dan
juga cermin dan juga artwork juga harus terdapat pada semua toilet perempuan
·
Menyediakan sebuah kloset kebersihan utama dengan tempat
cuci tangan
·
Jangan sampai berjarak lebih dari 40 meter untuyk mengakses
toilet umum
2.1.11. Tempat Ibadah
Jika
dibutuhkan, paling tidak harus ada sebuah ruangan beribadah untuk seorang
laki-laki dan juga perempuan yang letaknya harus dekat dan mudah diakses dari
lobby, food and beverage, banquet dan juga meeting room
·
Jika memungkinkan, terletak jauh dari toilet umum untuk
menjaga kesucian fasilitas
Area Lobby
Reviewed by Unknown
on
09.22
Rating:
Tidak ada komentar: