Back Of House (BOH)
2.5.1 Ketentuan
Desain Umum
Prinsip-prinsip yang harus diikuti:
·
Semua prinsip HACCP (Hazard
Analysis dan Critical Control Points) harus diikuti, sebagaimana yang berlaku.
·
Silahkan lihat bagian 3.3.5
untuk rincian lebih lanjut.
2.5.2 Loading
Dock / Pengiriman dan Penerimaan
·
Kontrol keamanan.
·
Tidak terlihat oleh tamu.
·
Kebisingan / gangguan yang
terkandung.
·
Dampak diminimalisir pada
tempat-tempat umum, terutama pintu masuk utama.
·
Keleluasaan untuk pergerakan
kendaraan pengiriman.
·
Mendapat perlindungan cuaca
2.5.2.1 Pengiriman dan Penerimaan
Daerah ini terdiri dari daerah penerima,
kantor untuk manajer pembelian, manajer penerimaan dan area layanan khusus
lainnya (misalnya keamanan, dll). Persyaratan dan dimensi termasuk dalam Bagian
3 - Kebutuhan fisik. Berikut adalah area yang dianggap sebagai bagian dari
elemen pemrograman ini: area masuk truk, ruang sampah, daerah penerimaan,
daerah pengukuran dan lain-lain.
·
Alur pengiriman bebas dari
halangan, seperti tangga, ramp, dll.
·
Pedoman HACCP atau aturan lokal
(mana yang lebih ketat) harus diikuti untuk penerimaan / penanganan makanan.
·
Sortasi dan tempat mencuci
mungkin diperlukan di daerah-daerah tertentu.
·
Loading dock harus memiliki
jendela roller atau serupa untuk penutupan diluar jam bisnis.
2.5.2.2 Area Sampah
Area sampah terdiri dari kamar terpisah
untuk sampah biasa, sampah basah (didinginkan) dan sampah botol kosong.
·
Aliran sampah keluar harus jelas
dipisahkan dari aliran barang masuk.
·
Sampah basah harus didinginkan.
·
Pemadat Sampah diperlukan
·
Sertakan selang air dan
drainase untuk membersihkan.
2.5.3 Kantor
Security
Kantor
untuk pengawasan semua sistem keamanan dan sistem CCTV di seluruh bangunan, serta
untuk pengawasan setiap waktu penjagaan. Keamanan operasi dapat outsourcing.
·
Biasanya terletak di sebelah pintu masuk staf.
·
Untuk bangunan yang lebih kecil beberapa fitur mungkin terletak di
belakang kantor.
2.5.4 Area Staff
Ruang
ini memberikan layanan kepada staf dan perawatan, Ruang berikut dianggap bagian
dari elemen pemrograman ini: Entrance staff, Dining Area Staff, Lounge Staff,
Locker Staff, Toilet Staff dan akomodasi Staff (jika perlu). Ketentuan untuk
area merokok staf harus dipertimbangkan.
2.5.4.1 Entrance Staff
·
Area masuk untuk semua staf
hotel tidak terlihat dari wilayah tamu. Terletak dekat dengan Kantor Sumber
Daya Manusia dan / atau Kantor Keamanan (di hotel yang lebih besar). Di area
pintu masuk menyediakan display untuk berita staf, pengumuman, dll
·
Operasi: Access dikendalikan
melalui kartu chip atau mirip dengan bel, interkom dan CCTV yang terhubung ke
Kantor Sumber Daya Manusia dan / atau Kantor Keamanan (di hotel yang lebih
besar). Koneksi langsung ke kamar seragam dan staf ganti.
2.5.4.2 Ruang Seragam Bermasalah
Sebuah ruang untuk penerbitan dan perbaikan
kembali seragam staf. Ruangan ini harus memiliki cukup ruang untuk menyimpan
semua seragam, serta melakukan kegiatan menjahit kecil dan perbaikan.
·
Terletak sedekat mungkin ke
pintu masuk staf.
·
Untuk dilengkapi dengan meja
dan mungkin dikunci dengan jendela geser.
·
Rails untuk menggantung semua
seragam.
·
Mesin jahit.
·
Operasional terhubung ke
Houskeeping dan Laundry.
2.5.4.3 Ruang Loker Staff
·
Kamar terpisah untuk pria dan
wanita karena mencakup toilet, wastafel, kamar mandi dan kamar ganti untuk
mengubah dan menyimpan pakaian. Aturan lokal dan peraturan harus diperhatikan.
ruang ganti sebaiknya terpisah untuk staf eksternal.
·
Operasi: Karyawan tiba
melanjutkan masuk ke ruang seragam staf di mana mereka mengambil seragam
bersih. Dari sana, karyawan pergi ke kamar ganti dan kemudian ke tempat kerja
masing-masing.
·
Kamar ganti terpisah dan toilet
yang diperlukan untuk dapur staf
·
Loker dipasang diatas dasar
beton 10 cm untuk memungkinkan pembersihan yang tepat.
2.5.4.4 Dinning Area Staff dan Lounge
·
Dihiasi dengan ramah untuk
makan dan relaksasi. Peraturan harus diperhatikan.
·
Operasi: Makanan disiapkan di
dapur dan disajikan dari counter swalayan. Staf membawa nampan mereka sendiri
ke meja dan setelah itu nampan kotor ditumpuk pada rak. Piring kotor
dikumpulkan dan dibawa ke pencuci piring dan ruang penyimpanan. Sampah dibuang
ke area sampah.
·
Pemisahan sampah adalah wajib
(makanan, sisa makanan, kertas, dll).
·
Ruang merokok untuk staf (Staf
Lounge) terpisah dari staf ruang makan dan harus disediakan.
2.5.4.5 Toilet Staf
·
Toilet Staf merupakan bagian
dari kamar ganti.
·
Toilet staf lain yang terletak
di seluruh bangunan.
2.5.4.6 Fasilitas Akomodasi Staf
·
Lihat lampiran (jika
diperlukan)
2.5.5 Houskeeping
dan Area Loundry
2.5.5.1 Kantor Houskeeping
Kantor untuk Executive Housekeeper, asisten
(jika ada) dan Housekeeper, operator telepon, serta area untuk pengarahan pagi
staf houskeeping.
2.5.5.2 Penyimpanan Houskeeping
·
Penyimpanan umum untuk bantal,
selimut, fasilitas kamar tamu / kamar mandi, dll
·
Storage untuk membersihkan
barang-barang / peralatan.
·
Penyimpanan Lost & Found
·
Penyimpanan linen kemas.
2.5.5.3 Area Housekeeping – Lantai Kamar Tamu
·
Satu toilet staf per lantai
ruang tamu.
·
Housekeeping pantry (s) di
lantai kamar tamu.
·
kabinet Housekeeping di setiap
kamar - lihat bagian 4.5.1.
2.5.5.4 Persiapan Bunga dan Tanaman
Sebuah daerah yang ditunjuk untuk penanganan
semua bunga dan tanaman dimaksudkan untuk area umum dan kamar tamu.
·
The Flower preparation Store
memerlukan wastafel, drainase, counter stainless steel dan rak, lemari,
beberapa ruang penyimpanan untuk vas dan peralatan lainnya dan ruang kerja yang
cukup untuk mempersiapkan rangkaian bunga.
·
Untuk alasan kebersihan, tidak
harus berada di atau dekat dengan area dapur. Umumnya terletak dekat daerah
loading dock atau dalam wilayah housekeeping.
2.5.5.5 Area Loundry Utama
Laundry dan layanan kebersihan untuk
bangunan dan tamu. Pakaian kotor dikumpulkan dan dibawa ke ruang pakaian kotor
dan kemudian dibawa ke alat pencuci. Setelah mencuci, mengeringkan dan melipat
pakaian, F & B laundry dikembalikan ke toko laundry, hasil cucian tamu
dikembalikan ke kamar mereka masing-masing dan alat cuci kembali disimpan pada
setiap lantai.
·
Kantor Manajer Laundry
disediakan untuk mengatasi semua masalah administrasi.
·
Saluran pakaian kamar tamu
diperlakukan lebih (dengan tindakan pencegahan kebakaran diperlukan). Saluran
pakaian harus dilengkapi dengan sistem sprinkler tersembunyi dan ventilasi asap
di titik tertinggi.
·
Jika laundry outsourcing, harus
ada fasilitas minimum untuk pelayanan tamu
o
2.5.5.6 Penyimpanan Laundry
o
Area penyimpanan yang
diperlukan adalah sebagai berikut:
·
Pakaian bersih
·
Pakaian kotor
·
Penyimpanan bahan-bahan kimia.
2.5.6 Area Makan
dan Minum
2.5.6.1 Dapur
Dapur utama adalah untuk persiapan dan
distribusi makanan dan minuman ke dapur satelit dan layanan kamar. Dapur
satelit untuk memasak makanan akhir, finishing dan distribusi ke masing-masing
outlet F & B. Penggunaan konsultan perencanaan spesialis untuk dapur adalah
wajib (disetujui oleh Kempinski).
Biasanya area mempersiapkan makanan mengikuti:
·
Pada dapur utama makanan segar
dari penyimpanan makanan dan minuman dikirim ke tempat daging, pengolahan ikan,
pembuatan kue, daerah pengolahan sayuran, pengolahan salad, dan daerah
pengolahan makanan penutup.
·
Makanan Disiapkan kemudian
diambil dari dapur utama ke dapur satelit untuk pengolahan akhir.
·
Piring yang kotor, gelas dan
perangkat lainnya dibawa ke tempat pencuci piring yang ada di dapur satelit
masing-masing.
·
Panci yang kotor dan peralatan
dapur lainnya dibawa ke daerah tempat cuci di dapur satelit masing-masing atau
dapur utama.
·
Sampah dibuang ke tempat sampah
dan area limbah.
·
Kantor Eksekutif Chef terletak
di pusat untuk mengawasi seluruh proses pengolahan.
·
Bar minuman terletak dekat
dengan stasiun pelayan utama dari setiap outlet F & B. Hal ini biasanya
bagian dari dapur satelit.
·
Dalam kasus outsourcing F &
B Outlets, dapur benar-benar terpisah dan area penyimpanan harus direncanakan.
·
Umumnya direncanakan ada dua
pintu ganda antara dapur dan restoran (untuk In dan OUT) untuk mengontrol lalu
lintas dan mengurangi kebisingan dari dapur di restoran.
·
Semua dapur dan bidang terkait
harus mematuhi standar HACCP atau aturan yang berlaku, mana yang lebih ketat.
2.5.6.2 Area Layanan Kamar
Biasanya terletak di dalam dapur utama atau
sepanjang hari pada dapur restoran.
·
Area untuk: order-taker, setup
untuk troli layanan kamar dan nampan, penyimpanan untuk peralatan pelayanan
kamar, pakaian, ruang fasilitas layanan, dll
·
Penyimpanan minuman dan
peengolahan dimasukkan di area ini.
·
Terletak di sebelah area
memasak dan lift.
·
Harus ada ruang yang cukup
untuk penyimpanan troli, nampan dan rak penyimpanan, linen, peralatan,
persediaan dan alat pemanasan.
·
Pantry layanan kamar mungkin
terletak di lantai kamar tamu tergantung pada permintaan pasar.
2.5.6.3 Pelayan
Stewarding memiliki fungsi dan bidang-bidang
berikut:
·
Storage, penanganan dan
pembersihan semua Makanan & Minuman peralatan terkait.
·
Membersihkan daerah dapur.
·
Stewarding Office: kantor untuk
Kepala Steward berada di atau dekat dengan dapur utama.
·
Tempat Cuci: terletak di atau
berdekatan dengan dapur utama dan masing-masing dapur satelit.
·
Cuci piring dan cuci gelas:
terletak di sebelah bagian entri pelayan dari restoran ke dapur dengan zona
drop-off.
2.5.6.4 Pantry Kepala Pelayan (jika ada)
Berlokasi di lantai kamar tamu, dekat dengan lift
·
Lokasi untuk pembuatan akhir
dari perintah layanan kamar dan kegiatan pelayanan lainnya.
·
Ruang yang cukup untuk
penyimpanan aneka perlengkapan, sendok garpu, gelas, dll.
·
Bisa termasuk microwave, Unit
memasak, hood, lemari es, mesin es batu, freezer, dan peralatan ainnya untuk
kegiatan tertentu (lihat Program Hotel).
2.5.6.5 Pengimpanan F&B
Area penyimpanan F&B diperlukan adanya:
·
Makanan ringan.
·
Minuman & minuman dingin.
·
Ruang pendingin dan freezer
adalah bagian dari program dapur.
2.5.7 Area
Engineering
Rekayasa kantor dan semua bengkel
pemeliharaan harus terletak dekat dengan Kamar mekanik, pintu masuk pengiriman
dan ayanan elevator.
2.5.7.1 Kantor Engineering
Kantor Chief Engineer adalah lokasi BMS
(Building Management System) dan panel akhir alarm kebakaran (tergantung pada
bangunan), kontrol dan sistem lainnya.
·
Sebuah ruang penyimpanan
terpisah kecil untuk barang-barang mahal dan hasur disertakan peralatan.
2.5.7.2 Penyimpanan
Gudang untuk semua suku cadang, peralatan,
karpet, furnitur dan barang-barang lain yang diperlukan untuk operasi
mekanikal.
2.5.7.3 Workshop
Untuk pemeliharaan bangunan serta tempat
penyimpanan untuk persediaan. arsitek harus mencoba untuk menaruh ruangan ini
di samping mekanikal. Penelitian yang cermat harus dilakukan dari bahan kimia
yang diperlukan untuk pemeliharaan (cat, thinner, bensin, dll) untuk
menghindari asap berbahaya dan uap, serta ventilasi yang cukup untuk workshop
menggunakan bahan kimia tersebut sangat diperlukan.
Workshop biasanya memerlukan:
·
Teknik (HVAC, Listrik, dll).
·
Carpenter (termasuk perbaikan
furnitur dan upholstery).
·
Painter.
·
Peralatan Landscaping dan
penyimpanan (jika ada).
2.5.7.4 Bangunan Mekanikal
Daerah ini mencakup semua kamar dan ruang
yang diperlukan untuk semua peralatan mekanik. Lokasi dan ukuran yang
didefinisikan oleh proyek insinyur mekanik.
·
Penyebaran suara (udara atau
struktural) harus dikontrol secara hati-hati.
·
Perencanaan yang tepat harus
mencakup akses untuk penggantian peralatan apapun.
·
Harus ada 1.2m (lebar) x 1,8 m
(tinggi) area bebas di semua area mekanikal. Instalasi langit-langit harus
dilindungi dari kerusakan fisik.
2.5.8 Area
Penyimpanan Umum
Penyimpanan yang aman dari semua
barang non-makanan. Ruang berikut dianggap bagian dari elemen pemrograman ini:
·
Gudang Umum (kertas dan
persediaan percetakan, dll).
·
Arsip.
2.5.9 Kantor
Administrasi
Kantor berikut ini dianggap sebagai
bagian dari elemen pemrograman ini: Kantor eksekutif / Manajer ', Back Office,
Finance & Accounting, Sales & Marketing, Sumber Daya Manusia &
Pelatihan, dan ruang makan dan minum.
·
Kantor Administrasi mempunyai
akses langsung ke Lobby.
·
Back Office terletak di
belakang tapi terhubung ke meja depan. tidak harus terlihat oleh tamu.
·
HR dekat dengan pintu masuk
staf.
·
Banquet Kantor Penjualan di
Kantor Penjualan & Pemasaran.
·
Kantor reservasi bisa berada
dekat dengan area resepsionis di bangunan kecil atau di samping Kantor
Penjualan & Pemasaran pada bangunan besar.
2.5.10 Area IT
Kantor, ruang komputer dan ruang
penyimpanan / setup untuk mengelola komunikasi dan system IT. Kamar ini harus
berdekatan satu sama lain untuk pengawasan cepat dan idealnya terletak dekat
dengan Kantor Administrasi. Untuk detail silahkan lihat Bagian 6.8 – Teknis
pedoman: Teknologi Informasi.
2.5.11 Lain-Lain:
Ruang Tunggu Sopir Dan Ruang P3K
2.5.11.1 Ruang Tunggu Sopir
·
Ruang tunggu untuk driver
limusin, seperti yang dipersyaratkan pada aturan tertentu, yang dilengkapi
dengan tempat duduk, toilet, TV dan mesin penjualan.
2.5.11.2 Ruang P3K
·
Ruang P3K dilengkapi dengan
peralatan pertolongan pertama, baskom untuk mencuci dan tempat tidur untuk tamu
dan staf yang sakit.
Back Of House (BOH)
Reviewed by Unknown
on
09.26
Rating:
Tidak ada komentar: