Kamar Tamu




2.4.1 Ketentuan Desain Umum
Kualitas dan kebutuhan praktis para tamu harus dipenuhi dan tercermin dalam desain.
·         Umumnya, harus ada dua skema warna yang berbeda untuk kamar standar. Untuk kamar suites diperlakukan secara terpisah.
·         Semua kontrol dan peralatan harus beroperasi secara spontan.
·         Kamar Tamu harus memiliki ruang kerja yang cukup, pencahayaan yang cukup, dan listrik yang memadai dan koneksi data.
·         Jendela harus mencakup  kemampuan "blackout"
·         Kamar tamu harus memiliki ruang yang cukup dan perabot untuk memungkinkan dua orang untuk makan makanan dari layanan kamar.
·         Kamar tamu harus memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan barang-barang untuk dua orang.
·         Harus ada kabin terkunci yang kecil di lemari untuk persediaan housekeeping.
·         Kamar tamu harus memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan bed cover dan bantal untuk layanan tambahan.
·         The Presidential Suite harus dilengkapi dengan semua fitur keselamatan dan keamanan sebagaimana yang direkomendasikan oleh otoritas lokal untuk profil tamu yang berisiko tinggi.
·         Ketentuan undang-undang harus dibuat untuk memungkinkan akses yang mudah untuk pengguna dengan keadaan cacat untuk kamar yang ditunjuk, biasanya 1-2% dari total area umum. Persyaratan meliputi: kelandaian 1:20; koridor setidaknya mempunyai lebar 915mm; pintu 815mm pembukaan yang jelas dengan lobi-lobi 460mm lebih lebar dari pintu di sisi kait. Kamar mandi membutuhkan: 1,52 m ruang balik terpusat dan lebar 2.75m, fitting dirancang khusus dan ambil bar. Antara tempat tidur dan perabot, 910mm ruang diperlukan; 685mm untuk ruang lutut; switch mengatur 1.2m tinggi. Untuk cills jendela, cermin, dll, diketahui bahwa tingkat ketinggian mata roda adalah 1.07-1.37m. (Blackwell.2002:148)
2.4.2 Distribusi Kamar Tamu
Kamar tamu harus logis di seluruh bangunan dalam pola vertikal yang berulang, yaitu kamar tamu berada di atas kamar tamu yang lainnya dan dengan jenis yang sama dan skema warna (mis kamar 409 sama persis dengan 309 atau 509, dll). Hal ini dilakukan untuk mengefesiensi operasi dari Front Office dalam menentukan kamar, ataupun untuk mempermudah pemeliharaan.
·         Suites harus tersebar di seluruh lantai kamar yang berbeda, biasanya menghubungkan ke standar atau deluxe room
·         Biasanya rasionya adalah 70% king keys dan 30% twin keys dari jumlah keseluruhan
·         Sekitar 40% dari kunci harus saling menghubungkan (20% dengan 20%)
·         Rasio suite biasanya adalah 15-20%, tergantung pada kondisi pasar lokal.
2.4.3 Ukuran Kamar Tamu
Dimensi ruang internal ditentukan oleh kebutuhan pasar, standar hotel, jumlah dan ukuran tempat tidur dan perabot. Tempat tidur twin (1000x2000mm) atau ganda (1500x2000mm, untuk hunian tunggal atau ganda) yang paling umum dengan ukuran queen (1650x2000mm), ukuran king (2000x2000mm) atau ganda digunakan di hotel kelas yang lebih tinggi, khususnya di Amerika. Di kamar studio, sofa convertible menyediakan tempat tidur ketiga untuk digunakan keluarga. (Blackwell.2002:142)
·         standar bed twin pada kamar tamu: 3.6m (1 2ft) lebar optimal untuk efisiensi; wardrobe di lobi
·         Tempat tidur ganda (single / double occupancy) memungkinkan ruangan yang lebih pendek atau ruang untuk area kerja
·         Frontage sempit: minimum 3.0m lebar
·         Lebar 4.0m atau lebih: memungkinkan penataan tempat tidur ulang dan ruang ganti terpisah
·         Ukuran kamar yang diperlukan didefinisikan dalam Bagian 3: “Persyaratan Fisik”
·         Pengecualian dengan ukuran ruangan minimal dapat diterima dalam keadaan khusus, seperti sebagai rehabilitasi bangunan bersejarah, dll
·         Untuk bed atau tempat tidur tamu, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar memberikan kenyaman kepada tamu yang menginap, seperti: (Littlefield.2008:11-8Hotels)
·         Comfort
·         Adequate dimensions
·         Durability
·         Ease of movement for making up
·         Ease of dismantling for storage
·         Absence of creaking, and
·         Good appearance, including bedhead which may be a fixture.

2.4.4 Eksekutif lounge Pada Lantai Eksekutif
Eksekutif lounge harus disediakan dimana sesuai dengan permintaan pasar.
·         Idealnya terletak berdampingan dengan tamu dan layanan elevator.
·         The Executive Lounge memiliki daerah bersifat terbuka, area lounge dengan bar terbuka dan TV, ruang makan untuk sarapan dan sore/malam, makanan ringan dan fasilitas pusat bisnis dan ruang diskusi kapasitas 6-12 orang.
·         Harus ada toilet, penyimpanan dan pantry. Pantry ini harus dilengkapi dengan semua item yang diperlukan untuk persiapan semua fungsi makanan dan minuman
Kamar Tamu Kamar Tamu Reviewed by Unknown on 09.25 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.