Hotel dan Spa



A.    Pengertian Hotel
Pengertian Hotel menurut SK Menparpostel No KM 34/HK103/MPPT-87 menyebutkan hotel adalah “suatu jenis Akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan, makan dan minuman, serta jasa lainnya bagi umum, yang dikelola secara komersial serta memenuhi persyaratan yang ditetapkan didalam keputusan pemerintah”. Persyaratan-persyaratan tersebut adalah sebagai berikut.
1.      Ada tempat menginap.
2.      Makanan dan minuman.
3.      Fasilitas (telepon, lobby, dll).
4.      Pelayanan.
5.      Dibuka untuk umum.
6.      Dilaksanakan secara komersial.
Bangunan yang dikelola secara komersil dengan memberikan fasilitas penginapan untuk masyarakat umum dengan fasilitas sebagai berikut :
1.      Jasa penginapan
2.      Pelayanan makanan dan minuman
3.      Pelayanan barang bawaan
4.      Pencucian pakaian
5.      Penggunaan fasilitas perabot dan hiasan-hiasan yang ada di dalamnya.
(Endar Sri,1996:8).

B.     Jenis Hotel
Penentuan jenis hotel tidak terlepas dari kebutuhan pelanggan dan ciri atau sifat khas yang dimiliki wisatawan (Tarmoezi, 2000).
a.      City Hotel : Hotel yang berlokasi di perkotaan, biasanya diperuntukkan bagi masyarakat yang bermaksud untuk tinggal sementara (dalam jangka waktu pendek).
b.      Residential Hotel : Hotel yang berlokasi di daerah pinngiran kota besar yang jauh dari keramaian kota, tetapi mudah mencapai tempat-tempat kegiatan usaha.
c.       Resort Hotel : Hotel yang berlokasi di daerah pengunungan (mountain hotel) atau di tepi pantai (beach hotel), di tepi danau atau di tepi aliran sungai.
d.      Motel (Motor Hotel) : Hotel yang berlokasi di pinggiran atau di sepanjang jalan raya yang menghubungan satu kota dengan kota besar lainnya, atau di pinggiran jalan raya dekat dengan pintu gerbang atau batas kota besar.

Segi Jumlah Kamar Hotel
Menurut Tarmoezi (Tarmoezi,2000:3), dari banyaknya kamar yang disediakan, hotel dapat dibedakan menjadi :
a.      Small Hotel : Jumlah kamar yang tersedia maksimal sebanyak 28 kamar.
b.      Medium Hotel : Jumlah kamar yang disediakan antara 28- 299 kamar.
c.       Large Hotel : Jumlah kamar yang disediakan sebanyak lebih dari 300 kamar.

Hotel Berbintang dan Non Bintang
Menurut keputusan direktorat Jendral Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi no 22/U/VI/1978 tanggal 12 Juni 1978 (Endar Sri, 1996 : 9), klasifikasi hotel dibedakan dengan menggunakan simbol bintang antara 1-5.
1.      Hotel Bintang satu *         :           Minimal mempunyai 15 kamar dengan ukuran 20 meter persegi.
2.      Hotel Bintang dua **       :           Minimal memiliki 20 kamar dengan ukuran 22 m persegi dan 1 suite room dengan ukuran 44 meter persegi.
3.      Hotel Bintang tiga ***     :           Minimal memiliki 30 kamar dengan ukuran 24 meter persegi dan memiliki 2 kamar suite dengan ukuran 48 meter persegi.
4.      Hotel Bintang empat ****            :           Minimal memiliki 50 kamar dengan ukuran 24 meter persegi dan memiliki 3 kamar suite dengan ukuran 48 meter persegi.
5.      Hotel Bintang lima ***** :           Minimal memiliki 100 kamar dengan ukuran 26 meter persegi dan memiliki 4 kamar suite dengan ukuran 52 meter persegi.
C.    Pengertian Spa
Spa merupakan suatu singkatan kata yang berasal dari kata Solus Per Aqua (Solus = Pengobatan atau Perawatan Per = Dengan dan Aqua = Air). SPA adalah perawatan kesehatan menggunakan sarana air. Pada dasarnya perawatan spa menggunakan rendaman air, air mengalir, pancuran disertai ramuan rempah atau memanfaatkan sumber air panas yang mengandung mineral tertentu dan memberikan dampak memelihara, meningkatkan ataupun memulihkan kesehatan (Amrullah H. Siregar).
Berikut adalah panduan untuk berbagai jenis spa:
1.      Day Spa. Menawarkan perawatan spa eksklusif pada sehari-gunakan. Banyak juga menawarkan jasa salon. Ukuran dan karakter dapat bervariasi secara luas.
2.      Destination Spa. Satu-satunya tujuan adalah untuk membantu Anda menjalani gaya hidup sehat melalui perawatan spa, olahraga, dan program pendidikan. Anda tinggal setidaknya dua malam. Beberapa tetap minimal tiga atau tujuh malam.
3.      Resort / Hotel Spa. Hal ini terletak di sebuah resor atau hotel. Ia menawarkan layanan spa, kelas kebugaran dan masakan spa bersama pilihan kesehatan yang kurang seperti steak dan burger. Ini adalah pilihan yang baik ketika seseorang ingin spa dan golf lainnya.
4.      Medical Spa. Ia menawarkan perawatan yang memerlukan pengawasan dokter, seperti laser resurfacing dan suntikan Botox.
5.      Mineral Springs Spa. Ini memiliki mineral alami, termal atau air laut yang digunakan dalam perawatan hidroterapi.
6.       Club Spa. Sebuah spa yang berlokasi di pusat kebugaran atau klub kesehatan.
7.      Cruise Ship Spa. Kapal kapal pesiar yang menyediakan perawatan spa, kebugaran dan komponen kesehatan dan pilihan menu masakan spa.
8.      Airport Spa. Hal ini terletak di bandara dan spesialisasi dalam perawatan singkat ditujukan wisatawan, seperti 15 menit kursi pijat dan terapi oksigen. Beberapa juga menawarkan perawatan lagi.
Hotel dan Spa Hotel dan Spa Reviewed by Unknown on 09.20 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.